Proses DKV
1. inspirasi
berdiskusi apabila dalam kelompok, memaparkan sifat dan memeriksa strategi sebelum presentasi: mencari ide, aktif mencari inspirasi dengan mendatangi sumber
2. identifikasi
proses identifikasi untuk meninjau kembali hambatan dan solusi kepada kebutuhan masyarakat/klien/traget market: meninjau ulang apakah ide dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan
3. konseptualisasi
menyiapkan konsep ide untuk mendapatkan solusi, konsep sifat desain dan bagaimana menciptakan presentasi konsep pada sasaran yang berbeda dalam suatu tatanan cara yang jelas dan teratur: brainstorming, menata konsep dengan prinsip prinsip visualisasi, membangun komunikasi efektif dan interaktif.
4. eksplorasi/refinement
memperbaiki konsep sehingga lebih jelas, menyelaraskan metode dan media yang selaras dengan kepentingan: mengeksplorasi pengembangan konsep, menggunakan sketsa/teks/script sebagai sarana komunikasi yang dapat dikembangkan dengan efektif dan jelas
5. definisi/dummy
menciptakan kreasi sebuah model terapan dari konsep yang tekah dibangun, digunakan untuk merevisi desain dengan perkembangan baru: membuat model 2d berupa gambar sketsa atau model 3d berupa miniatur karya
6. komunikasi
seorang desainer berganggung jawab dalam mengomunikasikan kepada siapa, bagaimana dan mengapa: pergelaran atau presentasi
7. produksi
tahap akhir antara desainer dengan tim produksinya, perlu memperhatikan anggaran, jadwal, material dan ketahanan produk: desainer adalah leader tim, tim produksi sebaiknya memiliki pengetahuan dan keahlian yang tekah dipelajari oleh desainer dengan baik
Ide : identifikasi masalah <--> konseptualisasi -> eksplorasi,
dummy
komunikasi
produksi
Mengena ke konsumen lebih dahulu sebelum melemparkan konsep ide ke publik
segmentasi analisis target konsumen
demografis
geografis
psikologis
behavioral
komunikasi pesan dan citra yang tepat
komunikasi dalam diskomvis memiliki tahapan dan peran (dagmar), sbb:
unawareness ketidaksadaran
: untuk membentuk kesadaran mengenai keberadaan
awareness kesadaran
: meningkatkan kesadaran
desainer: menemukan ide serta menciptakan konsep. Menciptakan pesan dan citra dengan tujuan memecahkan masalah serta memberikan solusi, yang dieksekusi ke dalam media komvis
produk: media pembawa pesan dan citra yang disampaikan
target konsumen: menangkap dan mengolah pesan sehingga timbul dampak (dagmar) menangkap citra yang disampaikan dalam media terhadap objek/produk
comprehension pemahaman
: memberitahu, menginformasi, atau mendidik kelompok sasaran
conviction keyakinan
: membina persepsi tertentu atau memperbaiki persepsi yang keliru
action tindakan
: membangkitkan respon untuk mengambil keputusan dan bertindak (bertujuan mendorong penjualan)
1. inspirasi
berdiskusi apabila dalam kelompok, memaparkan sifat dan memeriksa strategi sebelum presentasi: mencari ide, aktif mencari inspirasi dengan mendatangi sumber
2. identifikasi
proses identifikasi untuk meninjau kembali hambatan dan solusi kepada kebutuhan masyarakat/klien/traget market: meninjau ulang apakah ide dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan
3. konseptualisasi
menyiapkan konsep ide untuk mendapatkan solusi, konsep sifat desain dan bagaimana menciptakan presentasi konsep pada sasaran yang berbeda dalam suatu tatanan cara yang jelas dan teratur: brainstorming, menata konsep dengan prinsip prinsip visualisasi, membangun komunikasi efektif dan interaktif.
4. eksplorasi/refinement
memperbaiki konsep sehingga lebih jelas, menyelaraskan metode dan media yang selaras dengan kepentingan: mengeksplorasi pengembangan konsep, menggunakan sketsa/teks/script sebagai sarana komunikasi yang dapat dikembangkan dengan efektif dan jelas
5. definisi/dummy
menciptakan kreasi sebuah model terapan dari konsep yang tekah dibangun, digunakan untuk merevisi desain dengan perkembangan baru: membuat model 2d berupa gambar sketsa atau model 3d berupa miniatur karya
6. komunikasi
seorang desainer berganggung jawab dalam mengomunikasikan kepada siapa, bagaimana dan mengapa: pergelaran atau presentasi
7. produksi
tahap akhir antara desainer dengan tim produksinya, perlu memperhatikan anggaran, jadwal, material dan ketahanan produk: desainer adalah leader tim, tim produksi sebaiknya memiliki pengetahuan dan keahlian yang tekah dipelajari oleh desainer dengan baik
Ide : identifikasi masalah <--> konseptualisasi -> eksplorasi,
dummy
komunikasi
produksi
Mengena ke konsumen lebih dahulu sebelum melemparkan konsep ide ke publik
segmentasi analisis target konsumen
demografis
geografis
psikologis
behavioral
komunikasi pesan dan citra yang tepat
komunikasi dalam diskomvis memiliki tahapan dan peran (dagmar), sbb:
unawareness ketidaksadaran
: untuk membentuk kesadaran mengenai keberadaan
awareness kesadaran
: meningkatkan kesadaran
desainer: menemukan ide serta menciptakan konsep. Menciptakan pesan dan citra dengan tujuan memecahkan masalah serta memberikan solusi, yang dieksekusi ke dalam media komvis
produk: media pembawa pesan dan citra yang disampaikan
target konsumen: menangkap dan mengolah pesan sehingga timbul dampak (dagmar) menangkap citra yang disampaikan dalam media terhadap objek/produk
comprehension pemahaman
: memberitahu, menginformasi, atau mendidik kelompok sasaran
conviction keyakinan
: membina persepsi tertentu atau memperbaiki persepsi yang keliru
action tindakan
: membangkitkan respon untuk mengambil keputusan dan bertindak (bertujuan mendorong penjualan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar