Jumat, 01 Maret 2013

ANALISIS IKLAN “SONY VAIO” PADA MEDIA CETAK SURAT KABAR SUARA MERDEKA





ANALISIS VERBAL

TEKS :
1.      Headline : Be Serious. Be Playful
2.      Sub headline: The New SONY VAIOTM Duo 11. Whatever you want it to be.
3.      Body: whatever you want to play seriously or add a little bit fun to your busy day, ....

FONT :
-          Pada bagian SONY menggunakan font serif
-          Pada bagian VAIO menggunakan font sans serif,dekoratif
-          Bagian headline,subheadline, dan body menggunakan font sans serif

ANALISIS VISUAL

GAYA DESAIN
-          Gaya desain yang digunakan pada iklan ini cenderung pada gaya desain moderenisme karena komposisi antara gambar ilustrasi, foto dengan tipografi seimbang.

ILUSTRASI
-          Adanya penggambaran laptop dan seorang wanita karir yang menggambarkan maksud dari headline BE SERIOUS
-          Laptop yang berisi gambar seorang wanita bermain kuda putar menunjukkan maksud dari headline BE PLAYFUL

WARNA
-          Warna yang dipakai pada iklan ini menggunakan warna yang soft pada bagian latar dan warna hitam pada ilustrsi foto lapto sesuai dengan produk yang dikeluarkan. Warna yang digunakan menampilkan kesan menarik dan indah serta efek fun.

KOMPOSISI
-          Irama/alur : alur baca dari iklan ini dari tengah ke bawah
-          Kesatuan : kesatuan iklan ini teerhubungkan dengan adanya gambar dan tulisan yang saling menjelaskan maksud dari iklan tersebut dibuat.
-          Keseimbangan : keseimbangan antara gambar dan tipografi sudah seimbang karena peletakan gambar dan tipografi sudah rapi
-          Fokus : fokus iklan ini berada pada headline BE SERIOUS BE PLAYFUL dengan penggambaran ilustrasi nya.


SASARAN IKLAN

DEMOGRAFIS
-          Usia : 16-50 tahun
-          Penghasilan minimal sekitar 3,5 juta rupiah
GEOGRAFIS
-          Daerah perkotaan terutama kota-kota besar, dimana persaingan gadget tinggi dan kebutuhan akan laptop yang selalu up to date sebagai alat utama untuk bekerja.
PSIKOLOGIS
-          Ditujukan lebih kepada bussinesmen yang memiliki mobilitas kerja yang padat sehingga mereka terkadang tidak memiliki swaktu untuk refreshing.
-          Untuk pencinta gadget yang selalu up to date terhadap perkembangan jaman.



REDESAIN IKLAN “SONY VAIO”



ANALISIS VERBAL

TEKS
1.      Headline : The New SONY VAIO TM Duo 11. Whatever you want it to be.
2.      Sub headline : Be Serious. Be Playful
FONT
-          Semua tipografi dalam redesain ini menggunakan jenis font sans serif kecuali tulisan SONY menggunakan serif karena merupaka brand dari produk dan tidak dapat diubah.

ANALISIS VISUAL

GAYA DESAIN
-          Gaya desain yang digunakan untuk mendesain ulang iklan ini menggunakan gaya desain International Typhographic Style.
ILUSTRASI      
-          Gambar seorang bussinesman dengan tulisan Be Serious di sebelahnya yang menunjukkan bahwa produk ini dapat diunggulkan untuk memudahkan pekerjaan dengan aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalamnya.
-          Gambar seorang laki-laki dengan pakaian casual dengan raut muka yang senang dan membawa produk yang sama dengan bussinesman yang di atas serta tulisan Be Playful di sampingnya, menunjukkan bahwa selain unggil dalam aplikasi-aplikasi pekerjaan, produk ini juga memiliki aplikasi-aplikasi yang dapat dibuat bermain atau refreshing.
-          Tulisan “ The New SONY VAIOTM Duo 11. Whatever you want it to be.” , memeperjelas bahwa produk ini dapat digunakan sesuai dengan keinginan kita, untuk hal-hal serius sepeerti bekerja atau hal-hal yang menyenangkan seperti bermain game.
WARNA
-          Warna yang digunakan pada redesain ini menggunakan warna netral hitam,gradasi abu-abu dan putih, karena warna-warna tersebut melambangkan warna brand. Sebab sebagian besar produk laptop dominasi dengan warna abu-abu,hitam dan putih.
KOMPOSISI :
-          Irama/alur : alur baca redesain iklan ini dari tengah – atas – bawah.
-          Kesatuan : kesatuan gambar ini terlihat dari ilustrasi yang sesuai dengan tipografi headline.
-          Keseimbangan : keseimbangan redesain iklan ini dapat terlihat dari seimbangnya tipografi, ilustrasi, dan white space yang sesuai dengan gaya desain yang diminta.
-          Fokus : fokus redesain ini terdapat  di tengah pada tulisan “The New SONY VAIO TM Duo 11. Whatever you want it to be.”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar